Sabtu, 25 Maret 2017

Mengoptimalkan Google Alerts untuk Media Monitoring

Menyusun panduan optimalisasi google alerts ini sekira dua bulan sebelum ramadhan tahun lalu. Belum sempat di-digital archive, apa daya file aslinya melayang bersama hilangnya handphone Januari kemarin. Alhamdulillah ada yang share versi yang sudah dimodifikasi oleh teman-teman BEM Unila (best regards nama penyusunnya masih ditempel dalam broadcast. Terimakasih, BEM Unila :))

Sila jika ingin dijadikan referensi. Trims sangat dengan menyertakan link dan sumber asli.



MENGOPTIMALKAN GOOGLE ALERTS UNTUK MEDIA MONITORING
Seri Literasi Media Monitoring -Seri How To- @dettife

Google Alert adalah salah satu fasilitas yang disediakan Google untuk mengetahui informasi terbaru seputar topik yang kita kehendaki.

Kita akan memperoleh jutaan informasi terbaik dan terdepan setiap detik dari lansiran yang berhasil ditangkap Google Alerts (alert ~ (INA) lansiran), bersumber dari web atau blog yang berhasil masuk ke deretan 10 peringkat pertama - bisa lebih - dari pencarian Google. Sederhananya, Google Alerts merupakan salah satu perangkat media monitoring yang sangat mudah digunakan dan bisa dioptimalkan.

Berikut caranya:

1. Silakan pertama Anda pergi ke halaman http://www.google.co.id/alerts . Kemudian klik Masuk untuk login dengan akun Google (catatan: Ya, Anda harus punya akun Google. Jika belum, silakan buat email dengan alamat gmail).

2. Jika sudah sukses login, kini halaman yang aktif di hadapan Anda adalah halaman Google Alerts.

3. Buat kata kunci yang akan dibebankan ke Google untuk dilansir. Contoh kata kunci “BEM Universitas Lampung” atau "_nama presma/wapresma_" kemudian klik pilih Buat Lansiran/Create Alerts.

4. Jika kita ingin membuat kata kunci lagi, silakan diketik lagi kata kunci lain yang diinginkan. Untuk satu akun gmail, Goggle Alert dapat digunakan hingga 1000 kata kunci.

5. Sekarang coba cek alamat Gmail Anda yang didaftarkan ketika login. Anda akan memperoleh pesan masuk (inbox) yang dikirim otomatis sesuai kata kunci yang telah ditentukan.

6. Untuk mengatur alert, pada layar Manage Your Alert ini kita bisa membuat (New Alert), mengubah setting (Edit) dan menghapus (Delete) alert yang kita miliki.

7. Pesan masuk ini akan terus dikirim Google Alerts secara gratis melalui inbox gmail Anda. Oya, frekuensi dan jam penerimaan alerts juga dapat diatur, misal pukul 06.00 pagi, setiap hari.

Dengan adanya monitoring harian berita-berita dengan keyword tersebut, pengambil kebijakan dapat mengambil keputusan berdasarkan sumber yang lebih banyak dan secara real time.

Semoga bermanfaat.

Salam monitor!
Share:

welcome to detti's blog

communication scholar & practitioner, hopefully being lifetime citizen journalist, simply laid back ambivert

Mengoptimalkan Google Alerts untuk Media Monitoring

Menyusun panduan optimalisasi google alerts ini sekira dua bulan sebelum ramadhan tahun lalu. Belum sempat di- digital archive , apa daya fi...

Popular Posts